Curah Hujan Tinggi, Danramil 17/DB Dan Babinsanya Kodim 0208/Asahan Monitoring Banjir Di Wilayah Binaannya

Tanjung Balai  |  Masih belum bebas dari bencana banjir, di musim penghujan saat ini, beberapa wilayah rawan terdampak bencana banjir, walaupun pemerintah Kota telah melakukan banyak pencegahan. Koramil 17/DB sebagai mitra pemerintah turut melakukan pemantauan banjir di beberapa lokasi. Danramil dan anggota Koramil berperan dalam pemantauan dan penanggulangan banjir di wilayah binaan, memantau kondisi wilayah dan pemukiman yang rawan banjir. Untuk pencegahan dan mitigasi Danramil melakukan upaya pencegahan dan mitigasi bencana, seperti membersihkan sampah, menanam pohon, dan memperbaiki lingkungan fisik. Pembersihan untuk anggota Koramil membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir. Dengan memberikan himbauan kepada warga untuk tetap waspada terhadap potensi banjir, angin kencang, dan longsor.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil 17/Datuk Bandar  jajaran Kodim 0208/Asahan Kapten Inf Erizal turut serta memonitoring kondisi banjir yang terjadi di Koramil 17/DB dan wilayahnya, penyebab banjir tersebut yang diakibatkan curah hujan yang tinggi yang menyebabkan luapan air dari parit yang ada disekitar koramil dengan tinggi genangan air semata kaki ± 5 cm, untuk dampak banjir tergenangnya halaman kantor dan halaman perumahan koramil.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya para Babinsa Koramil 17/DB meninjau langsung ke wilayah binaannya guna memonitoring keadaan banjir diwilayah, hal ini diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini sehingga membuat kondisi debit air meningkat dan menyebabkan beberapa lokasi di wilayah Koramil tergenang banjir. Berdasarkan monitoring di lapangan, para Babinsa menyampaikan bahwa ada beberapa titik wilayah yang tergenang banjir, setelah kita cek dibeberapa lokasi, juga tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 45cm, namun demikian aktivitas masyarakat masih normal,” ungkapnya.

Walaupun aktivitas di wilayah tersebut tetap berjalan normal, Babinsa dalam kegiatannya di wilayah tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan selalu menjaga faktor keamanan. “Mari kita bersama-sama berperan aktif dalam menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan dengan cepat apabila ada hal-hal yg terjadi di wilayah terkait situasi dan kondisi terutama saat banjir, agar hal-hal yang tidak kita inginkan dapat segera ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Pos terkait