Kasrem 022/PT Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Simalungun  |  Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, S.E., yang diwakili oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 022/Pantai Timur Letkol Inf Binsar Junianto Simanjuntak memimpin Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di lapangan Makorem, dengan mengusung Tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Asahan Km. 3,5 Nagori Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Selasa (01/10/2024).

Bacaan Lainnya

Letkol Inf Binsar Junianto Simanjuntak mengungkapkan, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober merupakan momentum untuk mengenang kekuatan dan keteguhan Pancasila sebagai ideologi negara dalam menghadapi berbagai ancaman, peringatan ini erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S), di mana terjadi pemberontakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan dan mengubah ideologi Pancasila.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila tak akan pernah tergantikan. “Sebagai dasar ideologi negara, Pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi lainnya dan telah menjadi landasan fundamental yang mempersatukan berbagai suku, agama, adat, dan budaya di Indonesia, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya juga mencerminkan jati diri bangsa dan menjadi landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” terang Kasrem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Kasi Korem 022/PT, Para Dan/Kasatdisjan Korem 022/PT, Para Pasi Korem 022/PT, Para Kabalak 022/PT, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Korem 022/PT.

Pos terkait