Personil Jajaran Kodim 0208/Asahan Hadiru Rapat Sosialisasi PPKBD

Asahan  |  Dalam rangka ketahanan keluarga berencana, Babinsa Koramil 11 /Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan, Serka Sutarno menghadiri rapat sosialisasi PPKBD ( Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) yang dilaksanakan oleh kader kader Desa. Giat tersebut berlokasi di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Rabu (05/05/2021).

Dalam paparannya Serka Sutarno, menyatakan bahwa upya peningkatan ketahanan keluarga di Kecamatan Simpang Empat saat ini merupakan sesuatu yang sangat mendesak untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan masih tingginya kasus perceraian di Simpang Empat. Bahkan dibandingkan seKabupaten Asahan, persentase kasus perceraian di Simpang Empat menduduki peringkat tertinggi dengan angka 6,70% pada tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Sementara Serka Sutarno dalam paparannya menyatakan bahwa ada 5 kunci membangun ketahanan keluarga agar terwujud keluarga sakinah: (1) mewujudkan kehidupan beragama dan ubudiyah dalam keluarga, (2) peningkatan pendidikan, (3) kesehatan keluarga yang terjaga, (4) ekonomi keluarga yang stabil, dan (5) hubungan fungsional yang seimbang, serasi, selaras dan komunikatif antar keluarga dan lingkungan. Sedangkan UPT KB Ernawati mengatakan, saat ini Kulon Progo telah berupaya mendorong upaya peningkatan ketahanan keluarga dengan penerbitan Perda No 7 Tahun 2015 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan dan Perbub No 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan Perkawinan pada Usia Anak. Kegiatan tersebut juga menghadirkan UPT KB Ernawati, Babinsa Serka Sutarno, dan seluruh kader KB Sekecamatan Simpang Empat.

 

 

Pos terkait