Tracking Kontak Erat Pasien Suspect Covid-19 Didampingi oleh Personil Jajaran Kodim 0208/Asahan

Asahan  |  Menghindari semakin banyaknya kontak erat terhadap pasien positif Covid-19, maka Babinsa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan, Sertu Nurfadli melaksanakan tracking kontak erat pasien suspect Covid-19 di Desa Sei Silau Barat Dusun IX, Kabupaten Asahan, (12/06/2021).

Babinsa sebagai tracing Covid-19 terus melakukan pendampingan bersama anggota Satgas Covid-19 lainnya di tingkat kecamatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui deteksi dini terhadap siapa pun yang kontak erat dengan suspect Covid-19. Dalam kasus ini, pasirn yang terpapar Covid-19 memiliki keluarga maupun rekannya yang setelah contact tracing terindikasi melakukan kontak erat denganya. Terkait hal itu, tim medis dalam hal ini petugas kesehatan melakukan tes swab kepada yang bersangkutan diantaranya ayah, ibu, adik maupun teman-teman pasien. Babinsa Sertu Nurfadli membenarkan pasien, sebagai suspect Covid-19 sebelumnya dia pernah menjalani perawatan media di Rumah Sakit Umum  Daerah (RSUD). “Contact  tracing ini sangat penting untuk mengetahui siapa saja yang memiliki riwayat kontak dengan pasien. Apabila kita lebih cepat dalam bertindak kita akan mampu mencegah timbulnya korban akibat penularan covid selanjutnya,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Irman Agustianto.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, dirinya berharap kepada warga yang sedang menjalani swab tes agar bisa bekerjasama dengan Tim Satgas Covid, dengan cara mematuhi anjuran yang diharuskan kepada mereka. Hasil tracking adalah pasien suspect Covid-19 saat ini berada di rumah dan dikonfirmasi positif berdasarkan hasil swab dari pihak manajemen perkebunan yang dikeluarkan oleh lab. RS Mitra Medika Medan, kontak erat ada 3 orang dalam kondisi sehat. Dianjurkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari kedepan dan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Kemudian dianjurkan melaporkan ke Tim satgas Covid 19 Desa Sei Silau Barat dan di lanjutkan lapor ke Puskesmas Setia Janji jika ada keluhan. Kontak erat sudah diberikan edukasi kesehatan dan multivitamin dari puskesmas Setia Janji. Terakhir dilakukan penyemprotan desinfektan di rumah tersebut diatas. Giat tersebut dihadiri oleh Camat Setia Janji, Tim Satgas Covid 19 Kecamatan dan satgas PPKM Desa Sei Silau Barat, Kepala UPTD Puskesmas Setia Janji, Bhabinkamtibmas Desa Sei Silau Barat, Babinsa Desa Sei Silau Barat, dan Petugas Surveilans Puskesmas.

Pos terkait